Sabtu, 29 Desember 2012

Bagaimana Kabar Bumi #1


Bagaimana kabar Bumi ???





yang dikatakan oleh James Hansen dari NASA,
“Jika manusia berharap untuk melestarikan sebuah planet yang sama dengan tempat peradaban kita berkembang, bukti ilmiah yang ada mengisyaratkan bahwa CO2 harus dikurangi konsentrasinya menjadi maksimal 350 ppm.”keadaan bumi sekitar 200 juta tahun yg lalu hingga abad 18 atmospher bumi mengandung konsentrasi co2 275 ppm 

catatan penilitian yang ada saat ini konsentrasi CO2 skitar 390 ppm dengan kenaikan 2 ppm / tahun nya.tak perlu lagi diceritakan dampaknya, karena sebagian besar telah nyata kita rasakan.
dan akibat yg akan sngat nyata kita rasakan : krisis pangan dan krisis air mengancam Bumi ...

Sebuah laporan PBB setebal 348 halaman, memberikan gambaran yang suram tentang kondisi lingkungan khususnya ketersediaan air pada tahun 2050.  ketika ketersediaan air menjadi sngat krusial bagaimana dengan pangan ? 

masyarakat modern saat ini telah membuat segalanya praktis . kita terlepas dari kewajiban menanam dan memanen tetapi sebagai gantinya kita mengeluarkan uang untuk mendapatkan makanan.
beberapa orang yang merasa berkecukupan  akan bilang , beras masih banyak ko ..dan saya masih punya uang??kenyataanya ... ketika kondisi lingkungan tak mampu lagi memungkinkan produksi bahan pangan secara massal.. maka disitu tamatlah riwayat uang .. seperti pepatah Indian yg mengatakan : "
"When the last tree has been cut down, the last river has been polluted and the last fish has been caught -- only then do you realize that money can't eat money maka jelaslah setiap individu di atas bumi ini , yang miskin , yang kaya .. semua harus sadar. dampak lingkungan ini tidak pandang bulu dan tak bisa di cegah dengan uang. dan apa yang harus dilakukan ?mari kita mulai dari hal kecil 

.beberapa hal kecil yang bisa kita lakukan . 

1. membuang sampah pada tempatnya  apa susahnya, apa salahnya, dan apa ruginya untuk membuang bungkius permen misalnya di tempat sampah, bukanya membuka kaca jendela dan membuangnya di jalan. (sebaiknya anda merasa keren karena membuang sampah pada tempatnya) 

2. Menghemat air. ingat ketika kita melupakan kran air yang masih menyala padahal bak sudah meluber di tempat bagian lain di bumi ada orang-orang yang hampir mati karena sulitnya setets air di temukan

3. tanam pohon . tanamkanlah dalam diri anda "idea" bahwa hijau itu damai , indah atau istilah lainya yg anda anggap keren. sehingga anda memiliki motivasi untuk menanam pohon atau setidaknya tidak risih dengan rimbun nya pohon di halaman rumah atau di pinggir jalan (yg bisa menyebabkan anda berniat memotong pohon itu)

4. saving Ur Paper "Jangan Terlalu Gampang Membuang Kertas" kalau ada kertas bekas simpanlah. dan gunakan untuk keperluan lain yg menggunakan kertas , untuk bungkas kacang misalnya, atau untuk kembali dipakai menulis di tempat yg masih kosong.

5. Hemat Energi   jika anda terbiasa menyalakan ac saat kamar anda kosong, atau membiarkan lampu menyala pada saat ruangan tak dipakai. mari kita hentikan kebiasaan itu mulai dari sekarang , karena . apa susahnya, apa ruginya tapi hal ini jika dilakukan secara massal tentu merupakan bentuk partisipasi yg signifikan untuk kelestarian BUMI. 

6. Jangan Sia-siakan makanan . biasakan mengambil makanan secukupnya dengan jumlah nasi *misalnya yang rasional bisa kita habiskan  

7. Ingatkan  ingatkan anak anda, teman anda, pacar anda, atau siapapun yang mungkin bisa di ingatkan tentang gaya hidup yg ramah lingkungan. 

"take something because u need it , not only just because u like it"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar