Minggu, 21 Oktober 2012

Krisis Pangan

ini mungkin aktivitas yang sangat biasa , seperti berjalan atau bernafas . kita duduk di depan meja memegang sendok lalu memasukan sesuatu ke dalam mulut. kita makan . masyarakat modern saat ini telah membuat segalanya praktis . kita terlepas dari kewajiban menanam dan memanen tetapi sebagai gantinya kita mengeluarkan uang untuk mendapatkan makanan.
beberapa orang yang merasa berkecukupan  akan bilang , beras masih banyak ko ..??

padahal sebenarnya ga seperti itu :

sampai sekarang Indonesia masih mengimpor beras dari vietnam dan thailand tapi

kompas.com Situasi pangan semakin rawan karena dikhawatirkan pada 2011 negara-negara di dunia semakin protektif terhadap pangan yang mereka produksi. Sementara permintaan terhadap pangan terus meningkat.

dengan kata lain ketika vietnam dan thailand menjadi protektif dan menutup kran ekspor berasnya .
darimana Indonesia mendapatkan kekurangan berasnya ??

mengandalkan pertanian dalam negeri ??, bukan hal yg mudah

JAKARTA, KOMPAS.com —
Selain anomali iklim yang mengakibatkan paceklik, banyak infrastruktur pertanian yang telah rusak sehingga sistem pengairan menjadi terganggu. Sementara usaha perbaikan infrastruktur kerap mengalami kendala, seperti pembebasan lahan, anggaran terbatas, dan lingkungan yang rusak mengakibatkan potensi pembangunan infrastruktur baru terhambat.

krisis pangan bukan hanya masalah di level nasional namun sudah mencapai level global
ketua FAO mengatakan
"krisis harga pangan telah menyebabkan 40 juta orang lainnya kelaparan, membawa jumlah orang secara global yang kekurangan makanan mendekati satu miliar,"..

krisis pangan terjadi akibat kombinasi beberapa faktor ; panen yang buruk akibat anomali paceklik (dampak perubahan iklim), pola makan penduduk dunia (terutama negara maju) , dan meningkatnya permintaan tanaman pangan untuk produksi biofuel.

krisis pangan = harga pangan naik
saat harga pangan naik ??

kita tersentak , ko bisa beras di negri yang subur dan kaya raya mahal. ketika harga pangan terus naik kita mulai sadar ada yang salah dengan pertanian di negeri ini  , ketika pangan terus langka ,kita sadar kita berbuat kesalahan , ketika semakin langka dan kita berebut untuk segenggam beras kita menyesal dulu kita kerap membuang nasi , terlalu santai bahwa masih merasa punya uang tuk membeli makanan.

kita menyesal dulu kurang menghargai makanan yang ada di depan kita , kita menyesal kalau kita kurang bersyukur,

apakah kita tidak menyesal kalau kita tidak merasa bersalah membuang makanan.
sementara banyak orang lain masih merasa lapar

"When the last tree has been cut down, the last river has been polluted and the last fish has been caught -- only then do you realize that money can't buy everything



Tidak ada komentar:

Posting Komentar