Sabtu, 23 November 2013

Ketika Permukaan Air laut naik sekitar 1 meter

Jakarta (ANTARA news) - Kenaikan permukaan laut selama abad ini bisa sampai antara 70 sentimeter sampai 1,2 meter pada tahun 2.100 jika emisi gas rumah kaca tidak dikurangi, demikian menurut perkiraan tim ilmuwan yang menyurvei peningkatan muka air laut.
Sebanyak 90 ahli dari Amerika Serikat dan Jerman yang terlibat dalam survei peningkatan muka laut itu juga menaksir pada 2300 rata-rata kenaikan permukaan laut bisa mencapai 200-300 (2-3 meter)  sentimeter jika tidak ada mitigasi emisi, 
Sebaliknya, dengan adanya pengurangan emisi yang kuat, para ahli meramalkan kenaikan air laut hanya akan mencapai 40-60 sentimeter tahun 2100 dan 60-100 sentimeter pada 2300...,


sumber gambar : www.energy.com
read more
ngomong-ngomong tentang permukaan air laut yang di duga akan terus naik , ini seperti nasib yang dikisahkan oleh film fiksi ilmiah  water world, film yang di rilis tahun 1995 an ini menceritakan bagaimana dunia ketika  air laut naik drastis.. mungkin kebanyakan dari teman , udah pernah liat film ini . meninjau dugaan ilmiah yang menunjukan akan terjadi kenaikan permukaan air laut sekita 1 meter ini ,mungkin ide seperti ini sempat muncul di pikiran kita "ah... cuma 1 meter, ko ga mungkin juga bikin kita tenggelam kecuali naik 100 meter baru mungkin tenggelam..."

tapi berdasarkan sumber sumber ilmiah sebenarnya , kenaikan 1 meter saja akan benar-benar meubah wajah dunia ..  ini tabel perkiraan dampak yang terjadi terbatas di wilayah asia  pasifik..

Negara Akibat   Dari Kenaikan Permukaan Laut Satu Meter
Indonesia 3,4 juta hektar lahan yang dihuni oleh   2 juta penduduk akan tenggelam. Data tentang jumlah penduduk yang tergusur   akan lebih besar lagi mengingat tidak lengkapnya informasi kerapatan penduduk   di pulau-pulau kecil berpenghuni.
Malaysia Akan kehilangan 700.000 hektar dan   sebagian besar berupa perkebunan yang menghasilkan komoditas eksport, a.l.   karet, minyak sawit, dan kelapa; dan menggusur 1 juta penduduknya ke tempat   lebih tinggi.
Philipina Sebuah negara kepulauan yang 20 juta   penduduknya (sekitar 25% dari total penduduknya) akan tergusur.
Vietnam Kehilangan 2 juta hektar di Delta Mekong   dan 500.000 hektar lainnya di Delta Sungai Merah; yang berarti akan   menggususr 10 juta penduduknya.
Negara-negara kepulauan di Pasifik Kenaikan yang hanya 85 centimeter saja   akan menenggelamkan 65% luas daratan dari Kepulauan Marshall dan Kiribati di   Pasifik Selatan. Kenaikan permukaan laut setinggi 1 meter akan menggusur 5 juta   penduduk di Pasifik Selatan.  Merekalah   yang saat ini paling panik karena negara mereka akan hilang dari peta dunia, dan sangat berharap bahwa kelak dapat diterima tinggal   di negara-negara besar di Pasific Rim, seperti Australia, New Zealand, dan   Tasmania.
India 600 ribu hektar akan tenggelam dan menyebabkan   7 juta penduduknya berpindah.
Bangladesh 3  juta hektar tanah akan tenggelam dan   menggusur 35 juta penduduknya ke tempat lebih tinggi.
Sumber: Dikumpulkan dari   berbagai sumber.
 http://atmonobudi.wordpress.com/2011/12/27/tahukah-anda-ketika-permukaan-laut-naik-satu-meter/

menjadi perhatian menarik perhatian bagi negara kita Indonesia, karena negara kita adalah negara kepulauan terbesar dan basis kota-kota besar berada di wilayah pantai,.. sebagai contoh Jakarta, kenaikan permukaan air laut tentunya akan berdampak penetrasi air laut semakin jauh masuk ke daratan di bawah tanah, hal ini akan membuat air tanah sebagai sumber utama air di Jakarta tercemar (menjadi payau) , diperburuk lagi dengan kondisi Jakarta yang berdasarkan beberapa penelitian mengalami penurunan permukaan tanah....


sumber gambar : www.pu.go.id


disamping itu kenaikan permukaan air laut merupakan indikasi bencana yang lebih besar telah di mulai, yaitu mencairnya kutub utara dan selatan serta salju-salju abadi di puncak puncak gunung tinggi, saya ambil kasus di Himalaya, gletser himalaya yang secara alami mencair secara terkendali menjadi sumber air bagi sungai Gangga dan merupakan sumber air kehidupan bagi sekitar 500 juta penduduk, ketika seketika gletser ini mencair tak terkendali .. sekitar 500 juta manusia akan terancam kehidupanya... dan mengenai kedua kutub ? konon katanya para peneliti menemukan, bahwa permukaan es dikutub merupakan safety belt, atau pengaman yang mencegah racun dari gas "metana" keluar ... jika seandainya es di kutub ini benar benar mencair racun ini akan terbebas dan bisa menyebabkan 2/3 spesies di bumi musnah..

semua ancaman ini penyebab nya adalah  tangan manusia itu sendiri ..

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut, disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) ( Qur'an , ar-Rum ayat 30)


 kita benar-benar menghadapi keadaan "bumi" yang begitu rentan, pertanyaanya adalah , maukah kita untuk melakukan hal kecil , hal-hal yang benar... dan mulai memperlakukan bumi ini dengan lebih bijaksana........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar